Banyak Jaksa Ditangkap, Penegakan Hukum Era Jokowi Tercoreng

Anda sedang berada di Berita Banyak Jaksa Ditangkap, Penegakan Hukum Era Jokowi Tercoreng, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Publik mencatat sudah banyak jaksa yang ditangkap terkait persoalan hukum. Belum lama yang ditangkap adalah Kepala Seksi Intel III Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) Fakultas Hukum Indonesia (FH UI) Choky Ramadhan mengatakan, sebagian besar penangkapan dilakukan karena persoalan suap. Persoalan ini kata dia menunjukkan ada kesalahan sistemik dalam sektor pengawasan di internal Kejaksaan.

“OTT (operasi tangkap tangan) terhadap jaksa terjadi hampir setiap tahunnya,” ujar Choky kepada SINDOnews melalui telepon, Senin,12 Juni 2017.

Atas dasar itu dia mendorong agar Kejaksaan mengoptimalkan pengawasan internal. Baik pengawasan melekat oleh atasan maupun pengawasan fungsional oleh Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas).

“Selain itu, kolaborasi dengan Komisi Kejaksaan dan KPK juga perlu dikuatkan kembali,” ucapnya.

Menurutnya penangkapan terhadap oknum Jaksa oleh KPK bisa mendegradasi kinerja hukum Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Dia menilai solusi yang tepat adalah mengganti Jaksa Agung agar kinerja pemerintah di bidang hukum meningkat.

“Opsi lain bisa juga evaluasi jajaran di bawahnya terutama yang melakukan pengawasan,” katanya.

(Visited 12 times, 1 visits today)
Tags: , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.