Berita Olahraga – Mantan Juara Wimbledon Meninggal Dunia

Anda sedang berada di Berita Berita Olahraga – Mantan Juara Wimbledon Meninggal Dunia, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Mantan juara Wimbledon Jana Novotna telah meninggal dunia berusia 49 setelah pertempuran panjang melawan kanker. Novotna memenangkan gelar Wimbledon Tunggal Putri pada tahun 1998, setelah sebelumnya menjadi finalis yang kalah dalam dua kesempatan sebelumnya.

Secara total, petenis asal Ceko tersebut memenangkan 17 gelar Grand Slam, termasuk 12 di ganda putri dan empat di ganda campuran.

“Dengan kesedihan yang mendalam WTA mengumumkan bahwa Jana Novotna meninggal pada hari Minggu, 19 November, seorang mantan juara WTA World No.1 dan juara tunggal No.2. Setelah berjuang melawan kanker, Jana meninggal dengan damai, dikelilingi oleh keluarganya di negara asalnya Republik Ceko, berusia 49,” bunyi sebuah pernyataan di situs WTA.

Dikenal dengan permainan atletiknya yang brilian, Novotna memenangkan 24 gelar WTA dalam 14 tahun di sirkuit wanita profesional, bersama dengan 76 gelar ganda.

Setelah mencapai final tunggal Wimbledon dua kali sebelumnya, dia berhasil mengalahkan petenis Prancis Nathalie Tauziat untuk memenangkan gelar tersebut pada tahun 1998. Secara keseluruhan, dia memenangkan 17 gelar Grand Slam, termasuk 12 di ganda putri dan empat di ganda campuran. Dia telah memenangkan tiga medali Olimpiade dan anggota tim kejuaraan Piala Fed yang menang bersama negaranya pada tahun 1988.

Bergabung dengan Hall of Fame Tenis Internasional pada tahun 2005, kesuksesan karirnya menjadikan Jana Novotna sebagai inspirasi bagi mereka yang mengenalnya dan banyak pemain WTA yang akan datang di sirkuit tenis wanita profesional. Pada tahun-tahun terakhir, dia melakukan transisi ke pembinaan profesional.

Steve Simon, CEO WTA, mengatakan: “Jana adalah inspirasi baik di dalam maupun di luar lapangan, bagi siapa saja yang memiliki kesempatan untuk mengenalnya. Bintangnya akan selalu bersinar terang dalam sejarah WTA. Ucapan belasungkawa dan pemikiran kita ada pada keluarga Jana.”

Novotna menikmati kesuksesan terbesarnya selama tahun 1990an, meskipun ia mendapatkan dua kali kekalahan di final Wimbledon selama satu dekade sebelum mencicipi kesuksesan di sana.

Dia dikalahkan oleh oleh Steffi Graf di final 1993 dan kalah dari Martina Hingis dalam dua tahun terakhir, namun Novotna membalas dendam pada 1998 saat mengalahkan petenis Swiss itu di semifinal dan kemudian mengalahkan petenis Prancis Tauziat untuk mengangkat mahkota tersebut.

(Visited 4 times, 1 visits today)
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.