Dukungan Berbeda Indonesia-Iran Untuk Kemerdekaan Palestina

Anda sedang berada di Berita Dukungan Berbeda Indonesia-Iran Untuk Kemerdekaan Palestina, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Jakarta, HaloBerita.com – Republik Islam Iran dan Republik Indonesia mempunyai kesamaan dalam dukungan terhadap Palestina untuk menjadi negara merdeka dan berdaulat, walaupun memiliki pendekatan yang berbeda.

“Walaupun pendekatan berbeda, kami mengapresiasi langkah Indonesia dalam ikut memperjuangkan Palestina merdeka dan berdaulat,” kata Direktur Jenderal Urusan Asia Timur dan Oseania Kementerian Luar Negeri Iran Mahmoud Faranzandeh, di Teheran, Senin (22/1).

Di hadapan sejumlah wartawan Indonesia yang sedang berkunjung ke Iran, mantan Dubes Iran untuk Indonesia itu, melihat Indonesia dalam mendukung penyelesaian masalah konflik di tanah Palestina menggunakan pendekatan solusi dua negara (two state solution) melalui perundingan damai antara pihak Palestina dan Israel.

Sedangkan Iran berpandangan penyelesaian Palestina harus berdaulat penuh dan demokratis melibatkan semua penduduknya yang mengungsi di luar negerinya.

“Karena sikap kami, tanah Palestina adalah sepenuhnya milik masyarakat Palestina seutuhnya,” katanya.

Namun demikian, perbedaan pendekatan itu tidak merusak usaha yang terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam mewujudkan kemerdekaan negaranya di antara dunia internasional.

Faranzandeh yang kenal dekat dengan Indonesia juga mengapresiasi Indonesa dalam usahanya yang aktif dalam perdamaian dunia, seperti halnya yang dilakukan di Palestina dan masalah Rohingya Myanmar. Iran dan Indonesia selalu bersama dalam upaya menciptakan perdamaian dunia dan keadilan dalam tata dunia.

Menurut dia, bila hubungan Indonesia dan Iran menjadi lebih erat maka akan memberi sumbangan besar bagi perdamaian dunia sekaligus akan menguntungkan dunia Islam. Pandangan ini pernah dikemukakan Presiden Iran Hassan Rouhani kepada Presiden Indonesia Joko Widodo saat kunjungannya ke Teheran tahun 2016.

(Visited 11 times, 1 visits today)
Tags: , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.