Eksepsi Pengacara Tak Digubris Hakim Lanjutkan Sidang Jonru

Anda sedang berada di Berita Eksepsi Pengacara Tak Digubris Hakim Lanjutkan Sidang Jonru, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Jakarta, HaloBerita.com-Majelis Hakim memutuskan untuk melanjutkan sidang Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting yang didakwa menyebarkan ujaran kebencian lewat Facebook. Hakim menolak nota keberatan (eksepsi) yang diajukan oleh pengacara Jonru.

“Menyatakan eksepsi penasihat hukum terdakwa Jon Riah Ukur alias Jonru tersebut tidak dapat diterima.Menyatakan melanjutkan persidangan atas nama terdakwa Jon Riah Ukur alias Jonru,” kata Ketua Majelis Hakim Antonius Simbolon saat pembacaan putusan sela di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Cakung, Senin (22/1).

Pertimbangan majelis hakim menolak keberatan pengacara Jonru terkait surat dakwaan yang dinilai tidak jelas. Keberatan tersebut kata dia hanya bisa dibuktikan dalam pemeriksaan materi pokok perkara.

“Majelis berpendapat bahwa hal tersebut sudah memasuki materi pokok perkara yang harus dibuktikan,” jelas Hakim Simbolon.

Atas putusan sela ini, pihak Jonru pun menyatakan keberatan. Bahkan Jonru tiga kali meneriakkan takbir dalam ruang sidang.

“Kami keberatan dengan putusan sela, karena menurut kami tidak konsisten, pertimbangannya selalu mengacu pada materi pokok perkara,” sesal salah satu anggota tim pengacara Jonru.

Jonru Ginting sendiri didakwa telah menyebarkan ujaran kebencian lewat Facebook. Posting-an Jonru dianggap jaksa bisa menimbulkan permusuhan di tengah masyarakat.

Menurut jaksa, postingan ujaran kebencian tersebut dilakukan Jonru pada Juni-Agustus 2017. Salah satunya diposting pada 23 Juni 2017. Serangkaian postingan Jonru menurut Jaksa bisa menimbulkan rasa kebencian masyarakat Indonesia terhadap kelompok masyarakat berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Jonru sendiri didakwa pidana dalam Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.