Gegara Ini Warga Hawaii Panik

Anda sedang berada di Berita Gegara Ini Warga Hawaii Panik, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Jakarra, HaloBerita.com- Warga Hawaii, AS dibuat heboh paska beredarnya peringatan dini tentang serangan misil tersebar pada Sabtu (13/1) waktu setempat.

Tetapi ternyata peringatan tersebut tidak benar adanya, melansir BBC Minggu (14/1), Gubernur Negara Bagian Hawaii David Ige menyampaikan permintaan maaf kepada Wargs Hawai dan mengatakan jika kesalahan itu terjadi ketika salah satu petugas telah salah menekan tombol.

Atas peristiwa ini Ige menyatakan bakal ada investigasi lanjutan soal ini.

“Ada prosedur yang mesti dilakukan saat pergantian shift kerja berlangsung, di mana setiap pegawai harus memastikan sistem bekerja. Saat itu, ada salah satu pegawai yang salah menekan tombol,” urai dia

Adapun bunyi peringatan tersebut yakni “Ancaman dari misil balistik yang menuju Hawaii. Segera cari tempat perlindungan. Ini bukan latihan.” Peringatan tersebut dikirimkan via ponsel pada pukul 08.07 waktu setempat atau sekitar pukul 04.00 WIB.

Sementara itu, siaran televisi dan radio di negara bagian itu juga diinterupsi dengan pesan yang sudah direkam, dimana isinya meminta penduduk untuk tetap berada di dalam rumah.

Kendati peringatan tersebut telah diralat melalui surat elektronik sekitar 18 menit kemudian, tapi tidak ada informasi tambahan yang disampaikan melalui ponsel. Akhirnya, Emergency Management Agency (EMA/Badan Pengelolaan Bencana) Hawaii mengumumkan tidak ada serangan misil ke Hawaii melalui cuitan di Twitter.

Akibat peringatan tersebut tentu saja membuat kepanikan di seantero Hawaii. CNBC melaporkan banyak Warga Hawaii yang panik dan mencari tempat perlindungan.

Anggota DPR AS dari Hawaii, Matt Lopresti, mengatakan jika dirinya langsung menempatkan mengambil perlengkapan untuk situasi darurat dan menempatkan keluarganya di kamar yang paling aman yaitu kamar mandi. “Tidak banyak yang bisa dilakukan dalam situasi seperti itu. Kami melakukan apa yang kami bisa dan sekarang saya sangat marah karena seharusnya tidak semudah itu untuk membuat kesalahan besar seperti ini,” sebut dia.

Sistem peringatan dini tersebut dipasang seiring adanya peningkatan ketegangan di Semenanjung Korea. Dimana misil-misil nuklir Korea Utara (Korut) disebut berpotensi mencapai Hawaii.

Desember 2017, Hawaii bahkan telah menguji coba sirene peringatan nuklir untuk pertama kalinya sejak Perang Dingin berakhir.

 

(Visited 9 times, 1 visits today)
Tags: , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.