Halo Berita – Bali dalam Kewaspadaan Tinggi Setelah Gempat Disekitar Gunung Agung

Anda sedang berada di Berita Halo Berita – Bali dalam Kewaspadaan Tinggi Setelah Gempat Disekitar Gunung Agung, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Pihak yang berwenang di Indonesia telah meningkatkan tingkat siaga untuk gunung berapi Gunung Agung di Bali hingga di tingkatan tertinggi. Hal ini dilakukan setelah lonjakan aktivitas seismik di sekitar gunung tersebut yang memicu kekhawatiran akan terjadinya letusan.

Sejumlah pejabat mengatakan bahwa sekitar 10.000 penduduk desa meninggalkan rumah mereka di sekitara gunung berapi tersebut. Hal ini merupakan kali ketiga dalam kurun waktu sekitar satu minggu terakhir bahwa tingkat kewaspadaan telah ditingkatkan.

Departemen Meteorologi, Iklim dan Geofisika mengatakan bahwa ada peningkatan yang luar biasa dalam aktivitas seismik di gunung tersebut, yang mengindikasikan kemungkinan adanya letusan yang lebih besar, meski pihaknya masih belum dapat untuk memberikan kerangka waktu kejadian.

Badan Mitigasi Bencana Nasional mengatakan bahwa tidak ada penduduk atau wisatawan yang berada dala  jarak radius 9 kilometer dari kawah tersebut dan berada dalam jarak 7,5 mil ke arah utaram timur laut, tenggara, selatan atau barat daya dari gunung Agung.

“Aktivitas vulkanik masih tetap berada ditingkatan tinggi dan ada indikasi magma mencoba naik ke permukaan dan menyebabkan tremor,” kata Sutopo Purwo Nugroho, seorang juru bicara NDMA. “Harus ada nol kativitas publik dalam radius yang ditentukan untuk mencegah timbulnya korban jika terjadi letusan gunung berapi.”

Badan tersebut sebelumnya mengatakan bahwa sekitar 9.400 warga desa telah dievakuasi dari rumah mereka dan tersebar di seluruh kabupatan Karangasem, Klungkung dan Buleleng. Juru bicara NDMA tersebut mengatakan bahwa mereka saat ini telah tinggal di tempat penampungan sementara, yang ditempatkan di gedung pusat olahraga, balai desan dan rumah dari kerabat mereka.

Gunung Agung merupakan gunung yang masih aktif yang memiliki ketinggian mencapai 3.031 yang sebelumnya sempat meletus pada tahun 1963, letusan terakhir tersebut menewaskan sekitar 1.100 orang dan melepaskan abu setinggi 6 mil. Gunung tersebut, yang terletak sekitar 45 mil arah timur laut dari Kuta, termasuk diantara lebih dari 120 gunung berapi yang aktif di Indonesia.

Negara Kepulauan ini rentan terhadap pergolakan sesimik karena lokasinya di Pasifik “Ring of Fire”, sebuah jajaran gungun berapi dan patahan yang mengelilingi lembah Pasifik.

(Visited 4 times, 1 visits today)
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.