Ini Manfaat Lain Teknologi Virtual Reality

Anda sedang berada di Berita Ini Manfaat Lain Teknologi Virtual Reality, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Saat ini teknologi Virtual Reality (VR) banyak digunakan untuk gaming dan multimedia. Nah, di balik itu, ternyata VR juga dapat dimanfaatkan lebih maksimal untuk mendukung proses pembelajaran, yakni sebagai alat edukasi dan terapeutik.

Anak kecil adalah demografis yang sangat strategis dan benar-benar dapat memanfaatkan  penggunaan solusi VR untuk berbagai tujuan. Inilah yang dikemukakan oleh beberapa pengamat industri.

Guna mewujudkan VR untuk pendidikan usia dini, pengembang VR harus mengembangkan alat (tools) dan game edukatif dengan konten sesuai usia anak-anak  dan dapat mencoba menginspirasi pengguna  perangkat VR dengan melihat beragam pengalaman  selama menggunakan perangkat VR tersebut.

Misalnya begini, teknologi  VR memiliki banyak aplikasi yang ditujukan untuk mengajarkan keterampilan sosial kepada anak-anak penderita autisme, karena para periset telah mengembangkan aplikasi eksperimental yang memungkinkan konselor dan terapis dapat  berinteraksi dengan individu berusia muda penyandang autisme.

Perangkat yang dilengkapi dengan aplikasi berbasis teknologi VR  ini akan berfungsi sebagai pelatih atau mitra percakapan anak autis,  tergantung pada skenario yang direplikasi, termasuk bertemu dengan teman, menghadapi  berbagai  gangguan, dan  berinteraksi  dengan orang lain seperti mengundang orang lain ke pesta.

Sejurus dengan itu baru-baru ini, startup Washington Floreo  menggunakan  terapi  VR  untuk anak-anak dengan autisme yang mengacu pada layanannya, dengan menyebutnya sebagai “terapi autisme yang mendalam” atau immersive autism therapy.

Sebagai bagian dari terapi ini, anak-anak diajarkan keterampilan dan bercerita dengan lingkungan  sosialnya dengan perasaan  nyaman, aman tanpa rasa takut. Pendekatan  sosial ini juga memungkinkan orang dewasa mengawasi untuk memantau kemajuan anak-anak yang menjalani prosedur dan mengumpulkan data yang relevan, sehingga hasil test pada akhir terapi VR ini  lebih transparan dan terukur.

Anak-anak  juga dapat mempelajari keterampilan tertentu, melalui  simulasi yang ditampilkan dari teknologi VR,  seperti mengemudi menggunakan aplikasi VR yang meniru lingkungan kehidupan nyata.

Selain tujuan terapeutik, VR juga bisa menjadi media hiburan yang penting bagi anak-anak penyandang disabilitas, terutama mereka yang menggunakan  kursi roda. Game  yang menggunakan teknologi VR bisa menjadi pengalaman yang luar biasa  bagi mereka  penyandang disabilitas,  karena memungkinkan anak-anak yang selama ini merasa “terkungkung” di kursi roda untuk  bisa merasakan  dan  mengendalikan karakter dalam game mereka dengan  sangat aktif, layaknya seperti dunia nyata.

Tak heran , jika  para ahli sangat menyarankan  penggunaan  perangkat VR  tersebut  untuk  penyandang disabilitas yang  sangat bagus untuk memberikan mereka kepercayaan diri,  memberi mereka kemampuan untuk bersaing dengan individu lain dan memberi mereka rasa menghargai diri sendiri  dan memacu diri mereka untuk berprestasi meski dalam keterbatasan  fisik.

Meskipun tidak semua game VR memiliki fitur yang sesuai dengan individu dengan kemampuan  mereka yang berbeda-beda, namun saat ini  sudah banyak  game  VR yang didesain khusus untuk dapat menghibur anak-anak yang mengalami  keterbatasan mobilitasnya, sehingga  mempengaruhi kemampuan mereka dalam  beraktivitas sehari-hari. (Nariswari)
Sumber: Android Headlines

(Visited 55 times, 1 visits today)
Tags: , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.