Kesulitan Ekonomi Picu Orang Berbuat Nekat

Anda sedang berada di Berita Kesulitan Ekonomi Picu Orang Berbuat Nekat, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Kondisi ekonomi dinilai bisa menjadi faktor mendorong seseorang berbuat kejahatan, termasuk merampok, bahkan secara sadis.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane berpendapat, seharusnya kepolisian menyadari angka kejahatan meningkat setiap menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

“Kesulitan ekonomi makin pelik, sementara kebutuhan ekonomi makin tinggi dan tingginya mobilitas masyarakat, sehingga momentum ini digunakan sebagian pihak, terutama para kriminal untuk beraksi,” kata Neta kepada SINDOnews, Selasa (13/6/2017).

Menurut dia, seharusnya kepolisian bisa lebih peka melakukan antisipasi. Dia mengakui menjelang Ramadan dan Idul Fitri , Polri juga melakukan berbagai operasi untuk menekan angka kejahatan serta melindungi masyarakat.

“Jika kejahatan sadis tetap terjadi dengan modus-modus baru serta tingkat kesadisan yang menakutkan, ini tentu menjadi pertanyaan publik,” ucapnya.

Dia mempertanyakan kinerja kepolisian yahg dinilainya tidak efektif. Ada kesan pelaku kriminal selalu bisa mencari celah untuk beraksi dan memposisikan polisi seakan tak berdaya menghadapi mereka. “Akibatnya muncul kesan bahwa penjahat lebih lihay dari polisi,” katanya.

Dia mengungkapkan, aksi begal, geng motor dan perampokan sadis belakangan ini membuat masyarakat semakin resah. Dalam menyikapi situasi seperti itu, menurut dia, Polri perlu lebih intensif berpatroli.

“Terutama di daerah-daerah rawan dan strategis,” ungkapnya.

Menurut dia, kehadiran polisi di berbagai tempat akan membuat ruang gerak para pelaku kriminal semakin sempit. “Bagaimana pun para penjahat akan takut beraksi jika ditempat tersebut ada terlihat polisi,” katanya.

Dia juga mengharapkan pemerintah daerah perlu menyediakan lampu penerangan jalan di lokasi yang gelap agar situasi mudah dipantau.

 

Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/1213320/13/kesulitan-ekonomi-picu-orang-berbuat-nekat-1497356188

(Visited 32 times, 1 visits today)
Tags: , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.