Kupang Di Guncang Gempa 5,0 SR

Anda sedang berada di Berita Kupang Di Guncang Gempa 5,0 SR, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Kupang, HaloBerita.com-Gempa tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang Wilayah Kupang dan sebagian Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT). Gempa terjadi sekira pukul 05.49.04  WITA.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang Hasanudi pusat gempa bumi berada di Laut Sawu.

“Kalau dari hasil update analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang memiliki kekuatan 5,0 SR itu episenternya terletak pada koordinat 10,13 Lintang Selatan (LS) dan 122,88 Bujur Timur (BT),” kata Hasanudin, di Kupang Sabtu, 13 Januari 2018.

Sementara, lokasi titik gempa ada di jarak 52 km arah Barat Kota Naekean, Kabupaten Kupang, Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan kedalaman 68 km.

Sesuai hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dampak gempa menunjukkan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Terau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II Modified Morcally Intensi (MMI).

Sedangkan nika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Laut Sawu.

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini dipicu penyesaran mendatar-naik (oblique thrust). Hingga berita ini diturunkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

(Dedy Kusnaedi)

(Visited 11 times, 1 visits today)
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.