Penyebab Ponsel Handphone Sering Blank dan Crash

Anda sedang berada di Berita Penyebab Ponsel Handphone Sering Blank dan Crash, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Sebuah temuan terbaru yang cukup mengejutkan akhirnya diungkap  oleh team peneliti dari  alumnus University of Baroda di India   terkait dengan penyebab gangguan crash  pada  smartphone yang Anda gunakan sehari-hari.

Selama ini, pengguna smartphone selalu menyalahkan dan menduga bahwa jika perangkat mereka mengalami crash, maka yang patut  “dipersalahkan” adalah  hardware  atau perangkat lunak yang  dijalankan di smartphone tersebut. Namun ternyata tidak selalu benar dugaan tersebut.

Seperti dilansir dari BGR,  hasil  temuan dari team peneliti alumnus University of Baroda di India  mengungkap fakta bahwa  partikel-partikel  dari luar angkasa dapat  membuat  ponsel Anda crash , dan  hal ini  tertuang dalam  jurnal studi yang dilakukan oleh mereka.

Jutaan partikel-partikel ini dengan massive menyerang berbagai benda di bumi.  Misalnya ketika komputer Anda crash atau  smartphone Anda mengalami hang dan crash , kemungkinan besar Anda menyalahkan produsen smartphohne tersebut yang Anda anggap kurang piawai dalam membekali perangkat yang mereka produksi dengan spesifikasi yang mumpuni.  Namun tahukah Anda, ternyata dalam banyak kasus, crash  ini dapat disebabkan oleh dampak dari  paparan partikel bermuatan listrik yang dihasilkan oleh sinar kosmik yang berasal dari luar tata surya.

Hasil penelitian ini  mengungkap fakta bahwa paparan partikel ini  bisa sangat besar, tetapi sebagian besar tidak terlihat atau tidak diketahui  oleh  publik.  Terutama karena partikel ini sangat kecil, dlan tidak bisa tertangkap oleh mata telanjang.

Menurut keterangan Bharat Bhuva, Profesor Teknik Elektro di Universitas Vanderbilt di Nashville, Tennessee, AS,  proses ini berlangsung  ketika  sinar kosmik terbang di fraksi kecepatan cahaya menyerang atmosfer bumi  dan mulai memecahkan diri ke dalam  partikel-partikel  sekunder atau partikel yang lebih halus, termasuk neutron energik, muon, pion dan partikel alpha. Jutaan partikel-partikel ini akan langsung   kontak dan terpapar dengan  benda di bumi, termasuk tubuh Anda setiap detik. Meskipun jumlah mereka, torrent subatomik ini tak terlihat dan tidak memiliki efek berbahaya yang  diketahui pada organisme hidup., namun pada benda elektonik seperti smartphone akan memberikan sedikit “pengaruh” yakni crash atau hang sesaat.

Sebagian kecil dari partikel-partikel ini membawa energi yang cukup untuk  “mengganggu” pengoperasian sirkuit mikroelektronik. Ketika mereka berinteraksi dengan sirkuit terpadu, mereka dapat mengubah bit individual dari data yang tersimpan dalam memori yang  biasa disebut- SEU. Karena sulit untuk mengetahui kapan dan di mana partikel-partikel ini akan menyerang  benda elektronik  karena  tidak terlihat dan  tidak menimbulkan  kerusakan fisik, namun gangguan yang ditimbulkan oleh paparan elektron ini  tentu  akan sangat mengganggu.

Bhuva mengatakan dalam presentasi pada pertemuan tahunan peneliti American Association for the Advancement of Science  di  Boston  baru-baru ini  menyimpulkan bahwa melalui  penelitian mereka berusaha menggali   efek  paparan  pada sirkuit elektronik  guna  mengantisipasi efek  berbahaya  seperti pada sistem elektronik yang dioperasikan di darat.

Kabar baiknya, Bhuva mengatakan, adalah bahwa pada sistem   penerbangan, peralatan medis, IT, transportasi, komunikasi, dan   industri keuangan telah “ menyadari” dan mengetahui  masalah ini dan telah  jauh-jauh hari  mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Sehingga dapat meminimalisir gangguan  di perangkat elektronik yang digunakan di  bidang-bidang tersebut.  (Nariswari)

Sumber: BGR

 

Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/news/28858-ponsel-anda-sering-crash-siapa-tahu-ini-penyebabnya

(Visited 71 times, 1 visits today)
Tags: , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.