Reaksi Menko Polhukam Sikapi Informasi Keberadaan ISIS di Jawa Timur

Anda sedang berada di Berita Reaksi Menko Polhukam Sikapi Informasi Keberadaan ISIS di Jawa Timur, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan meminta semua pihak agar berhati-hati dalam menyampaikan informasi yang menyebutkan kelompok ektremes Islamic State Irak and Syiria (ISIS) sudah tersebar di 16 daerah di Jawa Timur.

“Kita harus hati-hati, jangan sampai kita mendapatkan berita yang tidak jelas arahnya,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Kendati begitu, Wiranto mengakui ISIS berupaya mengembangkan wilayah ke Poso dan Marawi, Filipina, setelah di Suriah digempur pasukan koalisi.

Sementara di Poso, basis ISIS sudah digempur dan diawasi. Menurut dia, kini jaringan ISIS di Poso tersisa sekira enam orang. “Sehingga tidak pas untuk basis baru ISIS di Asia Tenggara sehingga kemudian mengarahkan ke Filipina Selatan dan sekarang sudah terjadi di sana, digempur lagi oleh Filipina,” katanya.

Terkait antisipasi jaringan ISIS menyebar ke Asia Tenggara, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan lima negara, yakni New Zealand, Australia, Brunei Darussalam, dan Malaysia untuk membuat pertemuan bersama.

Menurut dia, Indonesia ditunjuk sebagai ‘host’ dan Australia ‘co-host’. Pertemuan itu dimaksudkan untuk mem-back-up Filipina.

Wiranto menjelaskan, dalam teorinya, gerakan ISIS yang digempur di Suriah akan mengembangkan jaringannya dengan cara melakukan rekrutmen anggota atau diistilahkan divergen.

Dahulu istilahnya convergen. Sekarang istilahnya divergen, yakni menyebarkan rekrutan mereka. “Di-brainwash (cuci otak), dikasih ideologi-ideologi yang radikal, dilatih, diajak  bertempur. Tapi tatkala mereka kepepet, mereka kemdian beralih ke metoda divergen. Mereka sebarkan sekarang,” katanya.

Informasi mengenai gerakan ISIS sudah tersebar di 16 daerah disampaikan Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Hamli.

Seperti dikutip dari beberapa media online, Brigadir Jenderal Polisi Hamli menjelaskan anggota ISIS di belasan daerah itu sudah bergerak menyebarkan radikalisme dan paham-pahamnya.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Tags: , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.