Sleep Apnea: Kenali dan Waspadai

Anda sedang berada di Berita Sleep Apnea: Kenali dan Waspadai, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Sekitar seminggu yang lalu, publik dikagetkan oleh kepergian penyanyi muda jebolan ajang Indonesian Idol, Mike Mohede, secara mendadak. Seperti diberitakan sebelumnya, Mike meninggal dalam tidur dan tidak ada gejala apapun sebelumnya. Prediksi sementara, Mike terkena serangan jantung saat tidur.
Nah, selain jenis penyakit jantung, kita juga harus mewaspadai Sleep Apnea. Apa itu Sleep Apnea? Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang mengganggu pernafasan seseorang saat tidur. Kondisi ini merupakan penyakit serius terutama jika tidak diobati, karena dapat menyebabkan seseorang berhenti bernafas. Sleep Apnea terjadi ketika dinding tenggorokan yang semestinya rileks saat kita tidur malah menyempit dan bahkan menutup saluran udara. Sleep Apnea juga dikenali sebagai penyebab hipertensi, diabetes, berbagai penyakit jantung, disfungsi ereksi, hingga kematian.

Gejala Sleep Apnea

Gejala utama mengidap Sleep Apnea yang sampai saat ini kadang masih kita diabaikan yaiitu : mendengkur. Bagaimana cara membedakannya? Biasanya, para penderita Sleep Apnea akan mendengkur dan terlihat seperti berhenti bernapas atau tersedak saat tidur.

Beberapa gejala lain yaitu kantuk berlebihan di siang hari, berkeringat berlebihan di malam hari, dan tidak merasa segar saat bangun pagi.

Perawatan Sleep Apnea

Orang yang menderita Sleep Apnea kadang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut. Maka dari itu tugas pasangan/keluarga terdekat untuk bisa membantu mereka menyadari penyakit ini.

Karena Sleep apnea merupakan penyakit jangka panjang yang memerlukan perawatan seumur hidup, perubahan gaya hidup dan alat bantu pernapasan ketika tidur adalah beberapa teknik perawatan yang bisa dilakukan. Jika terjadi gejala-gejala seperti diatas, segera lakukan pemeriksaan.

 

Sumber : Tabloid Nyata edisi 2353 Minggu ke II Agustus 2016

 

(Visited 146 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.