DPR Dukung Jasa Marga Jadi Operator Tol Trans Jawa

Anda sedang berada di Berita DPR Dukung Jasa Marga Jadi Operator Tol Trans Jawa, share jika artike ini bermanfaat untuk anda.

Jakarta, HaloBerita.com – Anggota Komisi VI DPR RI Iskandar Dzulkarnain Syaichu mendukung wacana yang menginginkan BUMN Jasa Marga untuk menjadi operator tol di seluruh rangkaian ruas tol Trans Jawa.

“Saya mendukung langkah Kementerian BUMN yang berencana menjadikan Jasa Marga menjadi operator tol di seluruh Trans Jawa,” kata Iskandar Dzulkarnain Syaichu dalam rilis, Senin.

Namun, politisi PPP itu mengingatkan bahwa dalam rangka menjadi operator ruas tol di Trans Jawa, Jasa Marga membutuhkan biaya beban operasional yang dinilai tidak sedikit.

Karena itu, ujar dia, pihaknya mengapresiasi langkah Jasa Marga yang telah melakukan pendekatan terobosan dengan perbankan dalam rangka untuk mencari dana.

“Saya pikir ini langkah yang bagus dari Kementerian BUMN untuk mendorong terus Jasa Marga agar menjadi operator bukan hanya di Trans Jawa, tetapi di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, PT Jasa Marga Tbk membenarkan bahwa tarif tol baru seperti ruas Ngawi-Kertosono turun dari semula Rp1.200 menjadi Rp1.000 per kilometer (km).

“Tarif dasar ruas Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 48 km, semula tarif golongan I sebesar Rp1.200/km akan dievaluasi menjadi Rp1.000/km sehingga tarif untuk jarak terjauh menjadi Rp48.000,” kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga Tbk M Agus Setiawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/3).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku, sekitar 12 ruas tol di Indonesia tarifnya akan diturunkan, dan pemerintah sedang menyiapkan payung hukumnya yang berupa Peraturan Presiden (Perpres).

Agus melanjutkan, penurunan tarif tersebut diikuti juga perubahan penggolongan kendaraan dari semula lima golongan menjadi menjadi tiga golongan.

“Kendaraan golongan III, IV dan V digabung menjadi golongan III, untuk mendukung sistem logistik nasional,” katanya.


(Visited 10 times, 1 visits today)
Tags: , , , , , , , ,
nonton film online

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.